Jumat, 28 September 2012

Soal Peluang : Pelemparan Dadu

Pelemparan dadu merupakan persoalan yang memiliki banyak sekali variasi. Variasi-variasi soal berkisar antara lain berkaitan dengan keluaran (outcome) dari mata dadu yang diharapkan dan banyaknya dadu yang dilempar. Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap dadu memiliki 6 sisi yaitu 1 sampai dengan 6 yang mewakili total semua kemungkinan yang akan terjadi, sehingga untuk setiap mata dadu yang akan muncul memiliki peluang yang sama, masing-masing 1/6. Sedangkan untuk pelemparan 2 dadu sekaligus, maka semua kombinasi kemungkinan keluaran (outcome) dari hasil pelemparan adalah 36. Begitu seterusnya untuk pelemparan n dadu akan mengikuti aturan .Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh soal berikut ini :

Soal - 1:
Pada pelemparan sebuah dadu, berapakah kemungkinan muncul mata dadu ganjil?

Solusi :
Pertama-tama kita harus mengetahui ada berapa banyak mata dadu ganjil pada dadu. Dalam hal ini ada 3  yaitu 1,3 dan 5. Kita lambangkan sebagai n(A) = 3. Peluangnya diperoleh dengan membagi n(A) dengan banyaknya semua kemungkinan muncul sebuah mata dadu yaitu n(S) = 6. Maka peluangnya adalah :

Soal - 2:
Dua buah dadu dilempar secara bersamaan. Berapakah peluang bahwa angka yang keluar berjumlah 7?

Solusi :
Pertama-tama kita harus mendaftar semua kemungkinan keluaran yang akan terjadi. Dalam hal ini, jumlah mata dadu yang keluar adalah 10. Maka  kemungkinannya adalah : (1,6) (6,1) (2,5) (5,2) (3,4) (4,3).
kita lambangkan banyaknya kemungkinan sebagai n(A) = 6 dan seluruh kombinasi keluaran dari dua dadu sebagai n(S) = 36. Maka peluang angka yang keluar berjumlah 7 adalah :

                                                   
Semoga bermanfaat ^^

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar